Sabtu, 23 Juni 2018

Brainware

    Brainware adalah seorang yang memanfaatkan sistem pengolahan data pada komputer. Dalam makna khusus, pengertian brainware adalah seperangkat intelektual yang dapat mengeksplorasi kemampuan dari hardware maupun software komputer.

    Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam beberapa bagian, yaitu :
  1.  Operator
Operator komputer bertanggung jawab untuj mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
   2. Teknisi
Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang troubleshooting dan sebagainya.
   3. Trainer
Trainer adalah seseorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
   4. Konsultan
Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal didalam bidangnya.
   5. Project Manager
Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komandan disuatu Project tertentu. Dan sering disebut juga dengan Mandor di proyek pembangunan.
    6. Programmer
Programmer adalah seorang yang bertugas membuat aplikasi komputer yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya. Dan Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
    7. Graphic Designer
Graphic Designer adalah seorang Brainware yang berkecimpung didunia Design Grafis dan Mahir dalam hal-hal berbau desain grafis serta membuat suatu objek animasi.
    8. Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir didalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
   9. Database Administrator 
Database Administrator adalah orang yang mengolah sebuah sistem database didalam suatu sistem tertentu.
   10. System Analyst
Sistem Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun yang sudah jadi.
    11. System Administrator
System Administrator adalah orang yang bertugas untuk mengolah sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analist dan dibuat oleh Programmer.
    12. Database Engineer
Database Engineer adalah orang yang merancang sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan pengolahan data, baik saat ini maupun yang akan datang.
    13. System Integrator
Syatem Integrator adalah orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun dikemudian hari.
    14. Network Designer
Network Designer adalah orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan pada komputer yang efektif dan efesien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.
    15. User
User adalah pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).



www.atmaluhur.ac.id

3 komentar:

  1. Cukup menambah pengetahuan saya tentang brainware berserta komponen-komponen dan penjelasannya, terima kasih

    kunjungi blog saya di
    https://diazaditya.blogspot.co.id/

    dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. menambah wawasan bangett..
    buat pelajaran P.I.k NYA
    liat blog saya jugadi https://rezaerlinaa.blogspot.co.id/
    dan web kampus www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. ini sangat menambah pengetauan dan memperudah belajar
    kunjungi blog saya juga di https://wiwilestarii.blogspot.co.id/
    dan website kampus www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus